Selasa, 16 Februari 2010

Silabus Politik Pemerintahan Amerika Serikat

Pengantar

Pada mata kuliah ini kita akan membahas institusi-institusi utama dalam politik dan pemerintahan Amerika Serikat serta hubungan antarmereka dalam proses politik dan pemerintahan termasuk di dalamnya, pembahasan tentang konsep the separation of powers (checks and balances), limited government,constitutionalism dan pengaruh mereka terhadap pelaksanaan kewenangan politik di tingkat federal dan negara bagian. Lembaga-lembaga eksekutif, legislatif, dan judikatif serta partai politik dan kelompok kepentingan akan dikaji dalam konteks perdebatan mutakhir tentang posisi konstitusional dan pengaruh mereka terhadap kehidupan politik Amerika Serikat.

Para mahasiswa juga akan diajak untuk melihat hubungan kontemporer antara warga negara dan para pemegang kekuasaan dalam politik dan pemerintahan Amerika. Dalam konteks ini, misalnya, pentingnya politik etnis dan gerakan hak asasi akan dibahas dalam kaitannya dengan perubahan demografis dan kehidupan ekonomi berbagai kelompok masyarakat.

Tujuan

Mahasiswa akan diperkenalkan dengan politik dan pemerintahan Amerika Serikat. Tujuannya adalah membantu mahasiswa mengembangkan pemahaman kritis tentang aspek-aspek institusional dan sosial dari politik dan pemerintahan Amerika Serikat secara umum, dan pemerintahan federal secara khusus. Di akhir kuliah, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang menyeluruh serta mampu mengembangkan penalaran yang kritis dan independen tentang perkembangan dan perubahan politik dan pemerintahan Amerika Serikat kontemporer, berdasrkan pengalaman sejarahnya

Bahan Bacaan

1. The Project Gutenberg EBook of Democracy In America, Volume 1 (of 2), by Alexis de Toqueville

2. Stephen A. Douglas: Study In American Politics By Allen Johnson Professor Of History In Bowdoin College;Sometime Professor Of History In Iowa College New York The Macmillan Company 1908

3. The Beginner's American History, by D. H. Montgomery (http://www.gutenberg.net/dirs/1/8/1/2/18127/18127-h.zip)

4. The Project Gutenberg eBook, Stories of Later American History, by Wilbur F. Gordy (http://www.gutenberg.net/dirs/1/8/6/1/18618/18618-h.zip)

Mahasiswa dianjurkan pula membaca serial terbitan United States Information Agency, yaitu A Brief History of the United States; An Outline of American Government; The Constitution of the United States with Explanatory Notes, dan The Portrait of USA. Sebagai tambahan, mahasiswa juga diminta untuk selalu mengikuti perkembangan terakhir politik dan pemerintahan Amerika Serikat. Di samping melalui berita audiovisual maupun cetak, sejumlah sumber berita dengan liputan luas dan kajian yang mendalam tentang Amerika Serikat dapat ditemukan di situs-situs berikut:

Politics1.com, The Most Comprehensive Online Guide on American Politics

The U.S. National Archives and Records Administration

U.S. Congress in the Internet

The White House

U.S. Courts – The Federal Judiciary

U.S. Department of State (International Information Programs)

Center for the Study of Federalism

The New York Times on the Web

The Washington Post

GOP.com – Republican National Committee

Democratic National Committee

Electronic Journals on American Politics

The Brookings Institution

Carnegie Council on Ethics and International Affairs

Ujian dan Penilaian

Kehadiran dan partisipasi dalam kelas.
Kuliah ini tidak mewajibkan pesertanya untuk selalu hadir dalam setiap pertemuan. Meski demikian, mahasiswa dianjurkan untuk tetap mengisi daftar hadir yang disediakan. Setiap pertanyaan dan komentar yang ekstensif dalam kelas akan sangat dihargai. Partisipasi dalam kelas menyumbang
30% dari nilai akhir.

Ujian.

Kuliah ini akan mengadakan ujian tengah semester dan meminta mahasiswa membuat sebuah makalah sebagai pengganti tugas akhir. Ujian tengah semester akan diselenggarakan pada tanggal dan jam yang ditentukan oleh Fakultas, dan memberikan proporsi 30% dari nilai akhir. Makalah, yang sama nilainya dengan 50% nilai akhir, dibuat dengan ketentuan-ketentuan berikut: (1) Ditulis sebanyak 7 hingga 10 halaman dengan jarak baris 1.5 atau 2; (2) Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mengikuti kaidah penulisan ilmiah
; (3) Disampuli dengan rapi berlogo USTJ.

Topik untuk makalah dianjurkan sejalan dengan apa yang disampaikan di kelas. Meski demikian, mahasiswa boleh menulis topik di luar itu dengan terlebih dahulu mengkonsultasikannya dengan pengajar.

Pada prinsipnya, mahasiswa boleh mengumpulkan makalahnya sepanjang kuliah berjalan sampai dengan waktu ujian akhir bagi kuliah ini. Tanggal yang ditetapkan Fakultas untuk ujian akhir kuliah ini menjadi tenggat waktu terakhir bagi pengumpulan makalah.

PERHATIAN!! Mengingat tugas membuat makalah telah disampaikan sejak awal kuliah, maka tidak ada alasan apapun bagi mahasiswa yang terlambat mengumpulkan melewati tanggal ujian akhir untuk kuliah ini. Dalam kasus ini, penilaian untuk makalahnya adalah nihil. Nilai nihil juga diberikan kepada mereka yang melakukan plagiat/penjiplakan dalam makalahnya.

Materi Kuliah

Kuliah ke-1: Pengantar – Mengapa Mempelajari Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat?

Kuliah ke-2: Sejarah Awal Amerika Serikat

Kuliah ke-3: Konstitusi dan Federalisme

Kuliah ke-4: Kongres

Kuliah ke-5: Kepresidenan

Kuliah ke-6: Sistem Pengadilan

Kuliah ke-7: Kampanye dan Pemilihan

Kuliah ke-8: Partai Politik

Kuliah ke-9: Kelompok Kepentingan

Kuliah ke-10: Opini Publik dan Media Massa

Kuliah ke-11: Kebebasan Sipil

Kuliah ke-12: Hak-hak Sipil

Kuliah ke-13: Pengantar Politik Luar Negeri

Kuliah ke-14: Penutup dan Evaluasi

Aktivitas

· Diskusi

· Debat

· Quis

· Role play

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cari uang gratis

Traffic