Minggu, 21 Februari 2010

SILABUS GEOGRAFI POLITIK ASIA PASIFIK

Pengantar
Mata kuliah ini akan terbagi dalam 2 pokok bahasan. Yang pertama sebelum midtest akan membahas secara umum tentang geopolitik dan yang kedua akan membahas tentang pandangan geopolitik terhadap kawasan asia pasifik. Mahasiawa akan diajak memahami terbih dahulu konsep-konsep tentang geopolitik secara umum yang kemudian dapat dipakai untuk melihat kawasan asia pasifik menggunakan kacamata geopolitik.
Para mahasiswa juga akan diajak untuk melihat hubungan kontemporer antara geografi dan politik dalam kawasan asia pasifik serta isu-isu hangat geografi politik diasia pasifik.

Tujuan
Mahasiswa akan diperkenalkan dengan geografi politik asia pasifik. Tujuannya adalah membantu mahasiswa mengembangkan pemahaman kritis tentang aspek-aspek geografi politik secara umum, dan asia pasifik secara khusus. Di akhir kuliah, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang menyeluruh serta mampu mengembangkan penalaran yang kritis dan independen tentang perkembangan dan perubahan geografi politik di asia pasifik kontemporer, berdasarkan konsep konsep yang didapat.
Bahan Bacaan
  1. The Geopolitics of Asia-Pacific Regionalism in the 21st Century by Dennis Rumley University of Western Australia
  2. The Postmodern Geopolitical Condition: States, Statecraft, and Security at the Millennium Gearóid Ó Tuathail Department of Geography, Virginia Tech.
  3. Perspectives in the discipline of IR. Towards a geopolitics of knowledge, Hélène Pellerin, ISA New Orleans 2010 School of Political Studies University of Ottawa
  4. After Geopolitics? From the Geopolitical Social to Geoeconomics, Deborah Cowen, Department of Geography, University of Toronto, Toronto, ON, Canada;
  5. Imperial Geopolitics and the Promise of Democracy, David Slater
  6. Gepolitic 2000s, Virginie Mamadouh, Associate Professor, University of Amsterdam, September 2009
Mahasiswa dianjurkan pula untuk mendatangi situs http://exploringgeopolitics.org/ untuk mendapatkan jurnal dan artikel-artikel terkait geopolitics.

Ujian dan Penilaian

Kehadiran dan partisipasi dalam kelas.
Kuliah ini mewajibkan pesertanya untuk selalu hadir dalam setiap pertemuan. Ketidakhadiran mahasiswa dalam 3 pertemuan dengan alas an yang tidak jelas dianggap tidak lulus. Setiap pertanyaan dan komentar yang ekstensif dalam kelas akan sangat dihargai. Partisipasi dalam kelas menyumbang 30% dari nilai akhir.

Tugas
Mahasiswa diwajibkan untuk membuat Blog yang mana semua tugasnya harus diposting dan akan dilakukan penilaian.

Ujian.
Kuliah ini akan mengadakan ujian tengah semester dan meminta mahasiswa membuat sebuah makalah sebagai pengganti tugas akhir. Ujian tengah semester akan diselenggarakan pada tanggal dan jam yang ditentukan oleh Fakultas, dan memberikan proporsi 30% dari nilai akhir. Makalah, yang sama nilainya dengan 50% nilai akhir, dibuat dengan ketentuan-ketentuan berikut: (1) Ditulis sebanyak 7 hingga 10 halaman dengan jarak baris 1.5 atau 2; (2) Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mengikuti kaidah penulisan ilmiah ; (3) Disampuli dengan rapi berlogo USTJ.
Topik untuk makalah dianjurkan sejalan dengan apa yang disampaikan di kelas. Meski demikian, mahasiswa boleh menulis topik di luar itu dengan terlebih dahulu mengkonsultasikannya dengan pengajar.

Pada prinsipnya, mahasiswa boleh mengumpulkan makalahnya sepanjang kuliah berjalan sampai dengan waktu ujian akhir bagi kuliah ini. Tanggal yang ditetapkan Fakultas untuk ujian akhir kuliah ini menjadi tenggat waktu terakhir bagi pengumpulan makalah.
PERHATIAN!! Mengingat tugas membuat makalah telah disampaikan sejak awal kuliah, maka tidak ada alasan apapun bagi mahasiswa yang terlambat mengumpulkan melewati tanggal ujian akhir untuk kuliah ini. Dalam kasus ini, penilaian untuk makalahnya adalah nihil. Nilai nihil juga diberikan kepada mereka yang melakukan plagiat/penjiplakan dalam makalahnya. Apabila ditemukan unsure plagiat dalam tugasnya maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus.

Materi Kuliah
Kuliah ke-1: Pengantar – class overview
Kuliah ke-2: konsep dan pengertian GEOPOL
Kuliah ke-3: pendekatan dalam geopol
Kuliah ke-4: Negara dan Bangsa
Kuliah ke-5: Kekuatan, Kekuasaan dan teritorialitas
Kuliah ke-6: Politik dan organisasi kewilayahan
Kuliah ke-7: konsep dan definisi Asia pasifik
Kuliah ke-8: Pendekatan geopol di asiapasifik
Kuliah ke-9: konsep Negara bangsa diAsia pasifik
Kuliah ke-10: kekuatan, kekuasaan dan teritorialis di asiapasifik
Kuliah ke-11: organisasi kewilayahan diasia pasifik
Kuliah ke-12: isu-isu penting geopol asia pasifik
Kuliah ke-13: presentasi
Kuliah ke-14: Penutup dan Evaluasi

Aktivitas
• Diskusi
• Debat
• Quis
• Role play

2 komentar:

  1. sistem belajar yang menarik dan mendidik..
    thanks bapa, krn sdh membantu kami mengikuti perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran..... :-)

    BalasHapus
  2. Tkz bt silabusx. Tkz j6a krn tgs dr bapa sy bs pux blog sendiri...smg bermanfaat nantinya.

    BalasHapus

cari uang gratis

Traffic